OSI LAYER DAN PENJELASANNYA
- Aplikasi
- Presentasi
- Sesi
- Transpor
- Jaringan
- Data Link
- Fisik
LAPISAN FISIK
Lapisan fisik, lapisan terendah OSI model, adalah concernedwith transmisi dan penerimaan terstruktur mentah bit streamover media fisik. Artikel ini menjelaskan tentang listrik/optik, mekanis, dan fungsional antarmuka media fisik, andcarries sinyal untuk semua lapisan lebih tinggi. Menyediakan:- Data pengkodean: mengubah pola sederhana sinyal digital (1s dan 0s) digunakan oleh PC untuk menampung lebih baik sifat media fisik, dan untuk membantu sinkronisasi bit dan frame. Menentukan:
- Status sinyal apa yang mewakili 1 biner
- Bagaimana stasiun penerima tahu ketika "bit-waktu" dimulai
- Bagaimana stasiun penerima menetapkan limit bingkai
- Lampiran menengah fisik, menampung berbagai kemungkinan di media:
- Akankah Transceiver eksternal (MAU) digunakan untuk menyambung ke media?
- Berapa banyak pin yang dimiliki konektor dan untuk apakah setiap pin digunakan?
- Teknik transmisi: menentukan apakah bit disandikan akan dikirim oleh baseband (digital) atau sinyal broadband (analog).
- Transmisi media fisik: mengirimkan bit sebagai sinyal listrik atau optik yang sesuai untuk media fisik, dan menentukan:
- Opsi media fisik apa yang dapat digunakan
- Berapa banyak volt/db harus digunakan untuk menunjukkan status sinyal tertentu yang menggunakan media fisik yang diberikan
LAPISAN TAUTAN DATA
Lapisan data link menyediakan kesalahan transfer data frame fromone node lain melalui lapisan fisik, memungkinkan lapisan di atas itto misalnya hampir kesalahan transmisi melalui link. Untuk melakukannya, data link layer menyediakan:- Link penetapan dan penghentian: menetapkan dan mengakhiri tautan logis antara dua node.
- Bingkai kontrol lalu lintas: memberitahu node transmisi "back-off" ketika buffer bingkai tidak tersedia.
- Bingkai pengurutan: mengirim/menerima frame secara berurutan.
- Bingkai pengakuan: menyediakan/mengharapkan pengakuan bingkai. Mendeteksi dan memulihkan dari galat yang terjadi di lapisan fisik dengan mengirim kembali bingkai yang tidak diakui dan penanganan penerimaan duplikasi bingkai.
- Membatasi bingkai: membuat dan mengenali batas frame.
- Pemeriksaan galat bingkai: memeriksa bingkai yang diterima untuk integritas.
- Media akses manajemen: menentukan kapan node "memiliki hak" untuk menggunakan media fisik.
0 komentar:
Post a Comment